Contact Form

Name

Email *

Message *

Monday, December 22, 2014

Kata Kerja "Ser" ; "To Be" dalam Bahasa Spanyol

Pada bagian lalu kita telah mempelajari bagaimana Kata Ganti Orang disebut dan digunakan. Kata ganti orang atau yang disebut sebagai Pronombres Personales biasanya diikuti oleh sebuah kata kerja dasar "SER" yang sering sekali dipakai. 

Kata kerja "Ser" sendiri berarti "adalah" atau "be" dalam  bahasa Inggris.

Kata kerja ini bisa disejajarkan dengan bentuk "to be" dalam bahasa Inggris. Namun demikian, dalam penggunaannya kita akan temukan beberapa perbedaan sesuai dengan konteks kalimat, arti dan situasi yang menyertai.

Bila dalam bahasa Inggris kita menjumpai Personal Pronouns disandingkan dengan "to be"

I --> am
You --> are
He/She --> is
We --> are
You all --> are
They --> are

Maka dalam bahasa Spanyol bentuk "to be" atau kata kerja "ser" dituliskan demikian:


Perhatikan kata-kata setelah Pronombres Personales di atas. 

Subyek "Usted" (Anda), "él" (dia/laki-laki) dan "ella" (dia/perempuan) memiliki pasangan "to be" (verbo "ser") yang sama, "es".

Demikian pada "Ustedes" (kalian), "ellos" dan "ellas", dipasangkan dengan kata kerja "ser" yang sama, "son", meskipun masing-masing subyek merujuk pada seorang atau kelompok orang yang berbeda. 

Karena dalam bahasa Spanyol Subyek Pronombre kadang-kadang tidak diucapkan, melainkan cukup dengan menyebutkan "to be"-nya akan diketahui Subyeknya (misal: "Yo soy Maryono" bisa diucapkan dengan hanya "Soy Maryono"), maka dalam pemakaian "ser" pada: 

  • "Usted" (Anda), "él" (dia/laki-laki) dan "ella" (dia/perempuan) --> "es" merujuk pada subyek mana, akan ditunjukkan dengan konteks kalimatnya. 
Contoh: "¿Es Usted Sr. Eduardo?" (Apakah Anda Tuan Eduardo?), merujuk pada "Anda"
             "Es mi amigo" (Dia adalah teman saya), kata kerja "es" di sini merujuk pada "dia" 

Demikian pada subyek:

  • "Ustedes", "ellos" dan "ellas" --> "son" merujuk pada Subyek mana, tergantung pada konteks kalimat.
Contoh: "Son de Argentina, ¿verdad?" (Kalian dari Argentina, bukan?), 

bila kalimat tersebut diungkapkan secara langsung pada sekelompok orang yang ada di depan Anda (orang kedua plural), maka jelas merujuk pada kata ganti "Ustedes". 

Namun, kata "son" tersebut bisa juga merujuk pada kata ganti "Ellos/ellas", bila Anda sedang berbicara dengan seorang teman, dan sedang membicarakan tentang orang ketiga (sekelompok orang). Maka, kalimat tersebut merujuk pada kata ganti "mereka".

Contoh: "Lukas!, Son de Argentina, ¿verdad?" (Lukas!, Mereka dari Argentina, bukan?).

Demikian pemakaian kata kerja "Ser" dalam bahasa Spanyol, yang berkaitan dengan Pronombres Personales. Mari kita ulas kembali dengan melihat video pelajaran berikut:




Perubahan Kata Kerja dalam Bahasa Spanyol


Dari uraian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kata kerja selalu berubah menurut konteks subyeknya dalam bahasa Spanyol. Perubahan kata kerja ini disebut "Conjugaciones". Pada bagian selanjutnya kita akan bahas berbagai perubahan kata kerja secara lebih rinci. Cukuplah sekarang diketahui, bahwa dalam kamus, kata kerja selalu dituliskan hanya dalam bentuk dasar (infinitivo), sedangkan bila sudah dipergunakan dalam sebuah kalimat, kata dasar itu harus diubah (dikonjugasikan). Kata kerja dasar "ser" misalnya, memiliki beberapa perubahan seperti pada uraian di atas, menyesuaikan dengan salah satunya subyeknya pada kalimat.




1 comments:

Post a Comment