Contact Form

Name

Email *

Message *

Friday, July 13, 2012

Membaca Alfabet Bahasa Spanyol

Pengucapan huruf dalam bahasa Spanyol sebenarnya tidak sulit. Karena huruf-hurufnya kebanyakan dibaca sama seperti kalau kita membaca huruf dalam bahasa Indonesia.  Bedanya, ada beberapa huruf yang memang khas bahasa Spanyol yang sama sekali tak kita jumpai dalam daftar alfabet dalam bahasa Indonesia. Pengucapan huruf-huruf khas itu tentu saja berbeda dan sama sekali baru bagi para pengguna bahasa Indonesia. Berikut adalah sebuah pembahasan sederhana yang disampaikan seorang guru dari Spanyol, yang semoga bisa kita ikut bersama dalam video berikut. Di bawahnya, terdapat teks yang ia buat dan saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, agar kita yang berbahasa Indonesia bisa mengikuti kurang lebih makna yang disampaikan dalam video. Selamat belajar!



 El Abecedario
Pilar. ¡Hola! Bienvenidos a las clases de español en la Escuela Tilde.
Hoy practicamos el alfabeto. Así que escucha atentamente el sonido de las letras:
[Pilar lee el alfabeto]
Las letras en español son femeninas y en general existe bastante correspondencia entre cómo escribimos y cómo pronunciamos.
Te invito a que repitas conmigo la pronunciación de las siguientes palabras: “vaso”, “coche”, “libro”, “silla”, “casa”, “mesa”, “llave”, “teléfono”, “lápiz”, “manos”.
Observa que en español las letras ‘B’ y ‘V’ representan un mismo sonido. Por ejemplo, “vaso”, “botella”, “cambio”, “vista”.
De igual manera, las letras ‘LL’ e ‘Y’ también representan un único sonido. Por ejemplo: “llover”, “playa”, “pollo”, “ayudar”.
En español, también existen grupos de letras que representan un solo sonido: aquí tenemos la ‘CH’, la ‘LL’ y la ‘QU’, y algunos ejemplos como “chocolate”, “queso y “tortilla”. Curiosamente, en español existen muchos nombres de comidas que llevan estos grupos de letras. Mira la lista que te damos en el repaso.

Pengucapan Huruf-huruf Spanyol

Pilar. Hai! Selamat datang di kelas Bahasa Spanyol di Sekolah Bahasa Tilde.

Hari ini kita memraktekkan cara membaca alfabet. Maka, dengarkan dengan seksama bunyi tiap huruf yang diucapkan.

(Pilar membaca alfabet)

Huruf-huruf dalam bahasa Spanyol berjenis kelamin feminim dan umumnya ada cukup banyak hubungan antara bagaimana kita menulis dan bagaimana membacakannya.

Saya mengundangmu untuk mengulangi bersama saya pengucapan kata-kata berikut ini (ucapkan kata-kata di atas, yang artinya):  “cangkir”, “mobil”, “buku”, “kursi”, “rumah”, “meja”, “kunci”, “telepon”, “pinsil”, “tangan”.

Amatilah, dalam bahasa Spanyol huruf B dan V diwakili dengan bunyi yang sama. Contohnya: dalam pengucapan kata spanyol yang artinya “cangkir”, “botol”, “perubahan”, “penglihatan”

Demikian juga huruf LL dan  Y juga diucapkan dengan bunyi yang sama. Contohnya: pada kata-kata Spanyol yang artinya “hujan”, “pantai”, “ayam”, “membantu”

Dalam bahasa Spanyol juga ada sekelompok huruf yang pengucapannya hanya satu bunyi: di sini kita punya contoh CH, LL dan QU, dan beberapa contoh pada kata-kata Spanyol yang artinya “cokelat”, “keju” dan makanan dari Meksiko yang diucapkan “tortiya”

Menariknya, dalam bahasa Spanyol ada banyak nama makanan yang memakai huruf-huruf ini. Lihatlah daftar yang kita berikan padamu di latihan berikut.

0 comments:

Post a Comment